
Pangkal Pinang, [24/04/2025] – Dalam rangka memperkuat komitmen reformasi birokrasi dan memastikan keberlanjutan pembangunan Zona Integritas (ZI), Kantor Wilayah Kementerian Hukum Kepulauan Bangka Belitung mengadakan Rapat Persiapan Evaluasi Pembangunan ZI Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada [Kamis, 24/04/2025], bertempat di Ruang Rapat Lt. II Kantor Wilayah.
Rapat ini menjadi langkah awal untuk menyelaraskan agenda kerja dan strategi pelaksanaan evaluasi internal, yang mencakup penyampaian Kalender Kerja Pemantauan dan Evaluasi ZI Menuju WBBM Tahun 2025 sebagaimana disampaikan surat Inspektur Jenderal nomor : ITJ.OT.03.02-8 tanggal 27 maret 2025.
Mewakili Plt. Kepala Kantor Wilayah, Harun Sulianto, Memimpin Rapat Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Kaswo, Kepala Divisi Peraturan Perundang-Undangan dan Pembinaan Hukum, Rahmat Feri Pontoh, Kepala Bagian Tata Usaha dan Umum, N.A. Triandini Oscar, serta dan Tim Pokja ZI, dan pegawai di lingkungan Kantor Wilayah. Dalam arahannya, Kepala Divisi Pelayanan Hukum menegaskan pentingnya sinergi antar unit kerja untuk memastikan bahwa setiap tahapan pembangunan ZI tidak hanya berjalan administratif, tetapi juga substantif.
“Kita tidak hanya mengejar predikat, tetapi membangun budaya kerja yang berintegritas, profesional, dan berorientasi pada pelayanan publik,” ujar Kaswo
Agenda utama yang dibahas meliputi penyampaian Kalender Kerja Pemantauan dan Evaluasi ZI Menuju WBK/WBBM Tahun 2025, penajaman indikator kerja, serta penguatan strategi pelaksanaan reformasi birokrasi yang berbasis hasil (output-based), Selain itu juga untuk membangun semangat dalam meraih predikat WBBM Kepala Divisi Pelayanan Hukum menyampaikan untuk mengaungkan Yel-Yel Kanwil Kemenkum Babel yaitu " Kanwil Babel, Pasti Kredibel " . Yel-yel ini menjadi pemantik semangat untuk membangun budaya kerja yang positif, adaptif, dan penuh dedikasi dalam memberikan pelayanan publik yang prima.
Sebagai bagian dari upaya meraih predikat WBBM, Kanwil Kemenkum Babel turut menampilkan dua inovasi unggulan yang menjadi kebanggaan instansi, yaitu " Bekumpul " dan " AHUSigap ".
Kedua inovasi ini merupakan bentuk nyata penerapan prinsip pelayanan prima berbasis teknologi informasi dan transparansi, yang sejalan dengan semangat reformasi birokrasi dan transformasi digital di lingkungan Kementerian Hukum, serta Pelayanan Hukum yang langsung kepada Masyarakat.
“Melalui kerja kolaboratif, inovasi yang berdampak, serta budaya kerja yang melayani, kita optimis menuju WBBM tahun ini. Ini bukan hanya target administratif, tetapi amanah pelayanan kepada masyarakat,” tegas Kepala Divisi P3H, Rahmat Feri Pontoh
Kegiatan ini menjadi bagian dari komitmen berkelanjutan Kanwil Kemenkumham Babel dalam memperjuangkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di tahun 2025, setelah sebelumnya berhasil meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).
KANWIL KEMENKUM BABEL
