
Pangkalpinang, 11 September 2025 – Kantor Wilayah Kementerian Hukum Kepulauan Bangka Belitung (Kanwil Kemenkum Babel) mengikuti Kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2025 yang diselenggarakan oleh Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum RI, pada Kamis, 11 September 2025, melalui Zoom Meeting. Kegiatan ini diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha dan Umum, N.A. Triandini Oscar, beserta jajaran.
Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mendukung Reformasi Birokrasi dalam rangka penataan sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang baik, efektif, dan efisien. Dalam acara ini, dijelaskan bahwa reformasi birokrasi adalah langkah awal dalam menciptakan layanan publik yang cepat, tepat, dan profesional, serta mendukung terwujudnya good governance dan clean government. Kegiatan ini juga menjadi langkah strategis menuju aparatur Kementerian Hukum yang bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN), serta meningkatkan kualitas pelayanan publik dan akuntabilitas kinerja.
Adapun topik yang dibahas mencakup pemetaan kebutuhan masyarakat, pengembangan aplikasi layanan digital dan non-digital yang terintegrasi, serta laporan monitoring dan evaluasi pelayanan publik. Dalam kegiatan ini juga dilakukan sesi tanya jawab terkait pelaksanaan dan pengembangan aplikasi SIPPN, serta berbagai aspek penting dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang lebih terarah dan terukur.
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Kepulauan Bangka Belitung, Johan Manurung, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting dalam rangka memastikan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Kemenkum Babel dapat berjalan dengan lebih baik dan lebih efisien. "Kami sangat mendukung setiap langkah yang diambil untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Sosialisasi ini menjadi landasan yang kuat bagi kami untuk terus memperbaiki diri dalam memberikan layanan yang lebih baik bagi masyarakat," ungkap Johan Manurung.
Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat komitmen Kanwil Kemenkum Babel dalam memberikan pelayanan publik yang semakin baik, meningkatkan akuntabilitas, serta mempercepat pencapaian target kinerja tahunan Kementerian Hukum Tahun 2025. Selain itu, sosialisasi ini juga menjadi landasan bagi peningkatan kualitas layanan terhadap masyarakat, sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah.
KANWIL KEMENKUM BABEL


















