
Kantor Wilayah Kementerian Hukum Kepulauan Bangka Belitung meluncurkan inovasi digital bernama AHUSIGAP Babel, yang merupakan singkatan dari AHU yang SImpel, Gesit, Akurat, Profesional. Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasis digital, khususnya dalam layanan Administrasi Hukum Umum.
Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Kaswo menjelaskan bahwa layanan ini merupakan komitmen nyata dalam memberikan pelayanan hukum yang cepat, akurat, dan responsif kepada masyarakat. Kepala Bidang AHU, M. Bangbang, menambahkan bahwa layanan ini sepenuhnya online dan langsung terhubung ke operator layanan AHU Babel, sehingga masyarakat tidak perlu datang ke kantor untuk mendapatkan layanan.
Layanan Unggulan AHUSIGAP Babel yaitu Pendaftaran Perseroan Perorangan,Pendaftaran Yayasan & Perkumpulan, Stiker Legalisasi, Apostille Dokumen, Fidusia, Pemilik Manfaat, Perseroan Perorangan
Untuk mengakses layanan AHUSIGAP Babel, Masyarakat dapat mengakses layanan melalui Scan barcode yang tersedia atau melaui situd ahusigapbabel.id atau melalui Laman: babel.kemenkum.go.id
Langkah-langkah untuk konsultasi layanan adalah
1. Klik menu Akses PORSIBEL
2. Pilih AHU SIGAP
3. Isi data diri, pilih layanan, ketik pertanyaan
4. Tekan kirim, dan pertanyaan langsung terhubung dengan operator
Kepala Kanwil, Johan Manurung, menyampaikan bahwa inisiatif ini muncul untuk mengatasi lambatnya respon dari pusat. Dengan adanya AHUSIGAP Babel, banyak persoalan hukum dapat diselesaikan lebih cepat di tingkat wilayah.
Harapan ke depan, AHUSIGAP Babel dapat meningkatkan mutu pelayanan hukum kepada masyarakat secara lebih cepat, mudah, dan profesional.


















